Saturday, January 4, 2014

[REPOST] HOW TO BE A GOOD FRIEND


Hi Guys. Sebenernya hari ini saya pengen posting cerpen. Tapi berhubung saya pengen flashback posting2 saya di tahun2 lalu *halah mumpung tahun baru kok malah flashback. harusnya look forward dong:p* dan ini diambil dari blog pertama saya. Saya memutuskan untuk move on #halah ke blog kedua ini karena di blog pertama saya merasa kurang dapet feelnya, ya banyak yang harus dibenahi gitu. Oke yasud, langsung saja. Ini artikel bagus lho. Sebenernya bukan hasil kerja keras saya jugasih, saya juga copas. Tapi ada sumbernya kok:) tenang aja. Oke, cekidot.

I decided to post an article from my seniors in PL 1 JHS,KAK PYA :) mnurut saya ini menarik + menambah pengetahuan jg, jadi yaudah saya pos di blog saya :D



HOW TO BE A GOOD FRIEND:

1. Always Be There
Teman yang baik selalu ada buat temannya. Ga cuma disaat dia butuh sesuatu dari temannya. Tapi juga disaat temannya membutuhkan dia!Teman yg baik itu selalu peduli terhadap temannya. Apakah temannya itu lagi happy? atau lagi kesepian? Apa temannya itu lagi butuh nasihat? Teman yg baik itu selalu ada untuk mendorong temannya.

2. No Gossip
Teman yg baik ga bakal ngomongin temannya dibelakang! Kita, sebagai teman, juga ga mau, kan diomongin sama teman kita dibelakang? So, jangan pernah ngomongin temen kamu sendiri dibelakang.Good friend is not a backstabber!

3. Happy for Him/Her
Waktu kita denger kata ini, kita mungkin bakal bilang "Ya iyalah, ga dibilangin pun aku juga pasti tau" 
Tapi, kadang-kadang pun kita bisa sebel kalo temen kita berhasil. Contohnya, kalau kamu dan temen kamu itu sama-sama bergelut pada bidang yg sama. Bulutangkis, misalnya, kamu telah memulai lebih lama dari pada teman kamu itu. Dan kamu juga memang lebih serius. Lalu, teman kamu yg pada awalnya hanya main-main dalam bulutangkis, menang pada suatu kejuaraan yg juga kamu ikuti. Sebagai seorang manusia biasa, apakah kamu ga sebel? Kita memang boleh kecewa. Tapi, teman yg baik tetap mendukung temannya, dan gak malah marah sama temannya.

4. Pray for friend
Ini adalah hal yg sangat penting. Ini juga menandakan bahwa kita peduli kepada teman kita. Teman yang baik selalu mendoakan apa yang mejadi kebutuhan temannya.

5. Have Fun
Teman yg baik itu asik diajak bersenang-senang. Bahkan sampai gila-gilaan (tapi tetap dalam batas yg wajar, lo). Tentu aja bukan yg mendukakan hati Tuhan.

6. Be Yourself

Ini adalah hukum yg pasti dalam berteman, atau bahkan dalam hanya bersosialisasi.
 Tentu aja kita ga mau berteman atau berkealan sama seseorang yg tidak menjadi dirinya sendiri. Teman yg baik itu, pastinya tidak bersandiwara di depan temannya!

7. Generously Give Compliment
Memuji orang lain, mungkin memang susah. Tapi, engga buat temen kita sendiri. Teman yg baik itu, akan selalu memuji temannya dengan tulus dan ikut bersukacita bersamanya. Kalo teman kamu itu memang pantas dapat pujian, why not?

8. Happily Accept Compliment
Sebaliknya, teman yg baik itu menerima pujian temannya dengan antusias, menunjukkan bahwa pujian itu berarti buat dia

9. Honest
Teman yg baik itu, selalu jujur terhadap temannya. 
So, tepati janji-janji kamu. Lakukin apa yg kamu bilang pingin kamu lakuin, dan yg paling penting, jangan pernah berbohong! Good friendship is based on trust!

10. Loyal
SETIA! Dia ga akan menceritakan rahasia-rahasia dari temannya. Ia juga ga bakal percaya sama gossip-gossip dari orang lain tentang temannya, kecuali dia denger itu dari temennya sendiri

11. Watch Out For Your Friend
Teman yg baik itu, akan selalu menjaga temannya dari melakukan hal yg buruk. Kalau dia tahu bahwa 
hidup temannya mulai menyimpang, dia akan memperingati atau menegur temannya untuk kembali ke jalan Tuhan.

12. Give Advice, Add Perspective
Teman yg baik itu, 
gak menghakimi temannya. Tetapi dia akan menasihatinya. Susah, memang, membedakan antara menghakimi, dan menasihati. Tapi, jika kamu menasihati sahabatmu, kamu pasti akan mendengarkan full version dari teman kamu itu, dan memberi tahu, apa yg akan kamu lakuin, kalo kamu jadi dia.

13. Give Space
Teman yg baik itu akan tahu, kapan temannya butuh dia, kapan temannya benar-benar ingin sendiri. Kalau temannya itu memang sedang ingin sendiri, dia gak akan merasa dicampakkan. Persahabatan, ga berarti harus bareng terus, kan? Sahabatmu juga bisa kan, punya teman lain selain kamu?

14. Listen
Teman yg baik itu, selalu mendengarkan curcol, atau sekedar cerita dari temannya. 
Ia akan mendengarkan dengan sepenuh hati, dan tidak memonopoli pembicaraan.

15. Share
Teman yg baik itu, 
gak pelit. Dia ga pernah enggan untuk berbagi dengan temannya. Dia murah hati.

16.Apologize and Forgive Easily
Teman yg baik itu, gak kenal yg namanya gengsi-gengsian, dalam hal meminta maaf, dan memaafkan. 
Jika dia sadar, bahwa dia salah, dia akan segera meminta maaf kepada temannya. Dan dia akan selalu memaafkan temannya ketika temannya itu, berbuat salah kepada dia.

LAST ONE, TEMAN YG BAIK: 
selalu memperlakukan temannya, sebagaimana ia ingin diperlakukan.



"Segala sesuatu yg kamu kehendaki supaya orang 

perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga 

kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat

 dan kitab para nabi…"(Matius 7:12)

No comments:

Post a Comment